Gaya Hidup Minimalis
Gaya Hidup Minimalis

Gaya Hidup Minimalis, Cocok di Masa Pendemi

Diposting pada

Apabila bicara Gaya Hidup Minimalisme biasanya masyarakat awam berpikir minimalsme adalah salah satu konsep berkaitan dengan desain rumah, desain interior.
Gaya hidup minimalisme sangat cocok diimplementasikan di saat kondisi krisis atau pandemi seperti sekarang ini, di saat banyak orang kehilangan pekerjaan, usaha juga tidak kunjung berhasil akan tetapi kebutuhan tetap jalan terus. Oleh karenanya tentunya kita wajib berhemat gaes karena kondisi di depan serba tidak menentu. Akan tetapi sekarang ini, minimalisme juga bisa diterapkan sebagai gaya hidup, ya Gaya Hidup Minimalisme.

Sejarah dan Dalil

Gaya hidup minimalis banyak dipelopori oleh masyarakat Jepang, di mana quotation “Less is More” adalah sebuah praktik nyata.
Dalam agama Islam, gaya hidup seperti ini adalah gaya hidup yang tidak berlebihan, mensyukuri, serta tidak menghambur-hamburkan rezeki yang ada.

Dalil dalam Agama Islam – Al Qur’an

“Dan orang-orang yang apabila membelanjakan (harta), mereka tidak berlebihan, dan tidak (pula) kikir, dan adalah (pembelanjaan itu) di tengah-tengah antara yang demikian. “ (QS. Al-Furqan: 67)

“Hai anak Adam, pakailah pakaian yang indah di setiap (memasuki) mesjid. Makan dan minumlah, dan jangan berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan. “ (QS. Al-A’raf: 31)

“Dan janganlah kamu berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan. “ (QS. Al-An’am: 141)

“Ketahuilah, bahwa sesungguhnya kehidupan dunia itu hanyalah permainan dan suatu yang melalaikan, perhiasan, dan bermegah-megah antara kamu serta berbangga-bangga tentang banyaknya harta dan anak, seperti hujan yang tanaman-tanamannya mengagumkan para petani, kemudian tanaman itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning kemudian menjadi hancur. Dan di akhirat (nanti) ada adzab yang keras dan ampunan dari Allah dan keridhaan-Nya. Dan kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu. “ (QS. Al-Hadid: 20)

Dalil dalam Agama Islam – Hadits Rasulullah SAW

“Sebaik-baik perkara ialah yang paling sederhana. “ (HR. Tirmidzi).

“Barang yang sedikit namun cukup (untuk memenuhi kebutuhan hidup) adalah lebih baik daripada banyak (tetapi menjadikan mereka lupa diri) dan menyesatkannya (dari jalan hidup yang sederhana). “ (HR. Abu Na’im, dikutip oleh Mishkat, opcit Vol. II, Hal. 348, No. 4962)

“Orang yang mencapai kejayaannya ialah orang yang bertindak di atas prinsip Islam dan hidup secara sederhana. “ (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah, dikutip oleh Mishkat, Edisi Urdu, Opcit Vol. II, Hal. 245, No. 4934))

“Tidaklah seorang anak Adam dapat memenuhi suatu wadah dengan kejelekan kecuali perutnya. Cukuplah bagi anak Adam suapan makanan yang membuat tulang punggungnya tegak. Jika tidak dapat menagalahkan nafsunya maka sebaiknya dia mengisi sepertiga untuk makannya, sepertiga untuk minumnya, dan sepertiga untuk nafasnya. “ (HR. Ahmad, Tirmidzi, Ibnu Majah)

“Tiada hak bagi seorang anak Adam dalam semua hal ini kecuali rumah tempat tinggal, baju yang menutup auratnya, roti kering, dan air. “ (HR. Tirmidzi)

“Sesungguhnya hidup sederhana termasuk cabang dari iman. “ (Ash-Shahihah, 341)

Sangat jelas dari dalil-dalil di atas gaya hidup minimalisme ternyata memang sangat tepat untuk kita lakukan dan bukan hanya sekedar konsep.

Yuk Kita Tetapkan Pola Pikir dan Konsep Minimalis

Gaya hidup minimalis bisa kita dimulai dengan menerapkan pola pikir yang pas karena adaptasi konsep minimalis sendiri bisa sangat berbeda pada setiap individu.
Bisa juga konsep minimalis yang diinginkan adalah fokus pada cara penggunaan barang, bisa juga soal penggunaan ruang. Terbuka kemungkinan juga kalau konsep ini bisa diterapkan pada pola belanja dan konsumsi kita. Jadi jelas ya gaes, perlu ditentukan dulu konsep minimalisnya yang mau diadaptasi. Intinya gaess, semua tahu kata kuncinya “less is more” dalam gaya hidup minimalis, ya gaes.

Berani Buang barang yang tidak dibutuhkan

Kan pada tahu ya gaes, konsep gaya hidup minimalis ini kan menerapkan prinsip quality over quantity alias mutu di atas jumlah. Nah gampangnya gaes, kita mesti fokus menggunakan barang tertentu berdasarkan fungsi dan kualitas saja gaes, bukan jumlahnya. Whic is, gaya hidup ini mengharuskan kita semua untuk melepas barang-barang yang dirasa tidak lagi dibutuhkan, gaes. Cocok nggak gaes, mantaap.

Tahan Keinginan

Ini penting juga gaes, konsep minimalis pun mengharuskan kita untuk mendahulukan kebutuhan dan bukan keinginan, gaes sewaktu kita akan beli barang baru. Tanyakan pada diri loe sendiri, “Apa barang ini dibeli ini kubeli karena benar-benar memiliki nilai guna?” Jika jawabannya ya, teliti kembali apa kegunaan dari barang tersebut, gaaes.

Nah, karena itulah gaes, website Gaya Hidup Minimalis hadir itu memberikan ide-ide segar tentang gaya hidup minimalis, stay tune terus di web ini atau loe search minimalisterbaru.my.id dari Google tentang update terbaru web ini.

Stay at Home, Stay Hope and Stay Minimalist

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *